Politik Palestina, sastra, dan geografi: Sebuah wawancara dengan Edward Said

CINDI KATZ, Environmental Psychology Program, Graduate Center, City University of New York

NEIL SMITH, Center for Place, Culture and Politics, Graduate Center, City University of New York

Wawancara dengan Edward Said ini berlangsung pada 8 September 2000 di New York. Tiga tahun kemudian, pada tanggal 25 September 2003, Edward Said meninggal setelah berjuang melawan leukemia sejak 1999. Pada 28 September 2000, hanya beberapa minggu setelah wawancara ini, dalam upaya yang disengaja untuk mencegah deklarasi kenegaraan oleh Palestina, Ariel Sharon, belum menjadi perdana menteri Israel, memimpin pengawalan Pasukan Pertahanan Israel ke Havam-esh-Shavif  atau Temple Mount, dianggap sebagai situs paling suci ketiga dalam Islam. Intifada al-Aksa yang dihasilkan dari provokasi yang disengaja ini masih berlangsung, dengan biaya lebih dari 3000 nyawa warga Palestina dan 500 nyawa warga Israel serta kerusakan properti yang tak terhitung selama tiga tahun. Bahkan, sebelum peristiwa-peristiwa ini, Said mahir dalam mengantisipasi bahwa jalan menuju negara Palestina sekali lagi akan diblokir. Pada saat yang sama ia membuat argumen yang meyakinkan mengapa upaya kontemporer pada kenegaraan hancur.

Edward W Said adalah salah satu kritikus sastra terkemuka abad ke-20, seorang intelektual publik berkaliber tertinggi, dikenal di seluruh dunia karena bukunya yang terbit tahun l978, Orientalism, yang mengilhami pendirian kajian poskolonial dan secara radikal mengubah lintasan beberapa disiplin ilmu mapan. Dia adalah salah satu yang pertama—tentu saja yang paling tajam—di antara para intelektual yang mengekspos hubungan antara liberalisme, Pencerahan, dan imperialisme, sebuah paparan yang dibuat lebih kuat oleh sejarah pribadinya ketika berpindah dari Palestina pada tahun 1948.

Orientalisme beresonansi mendalam pada ahli geografi yang pada tahun 1970-an dan awal 1980-an tenggelam dalam pertanyaan-pertanyaan tentang imperialisme, rasisme, pembangunan yang tidak merata, dan reproduksi sosial, dan yang baru mulai menghubungkan kritik budaya ekspansi kapitalisme dengan ekonomi politik. Namun, tulisan Edward Said menunjukkan imajinasi geografis yang kaya di akarnya. Dari semua karyanya, mungkin Culture and Imperialism, terbit pada tahun l993, yang memberikan stimulasi terbesar bagi ahli geografi. Dalam buku itu ia tidak hanya terlibat dengan penulisan geografis tetapi menggunakan tulisan-tulisan kolonial dan terutama antikolonial untuk mengusulkan perlunya “saingan geografi” untuk mengungkapkan  “apa yang penting tentang dunia di abad yang lalu”. Di sini Said memunculkan kedalaman ke geografi sejarah dan politik yang tetap menjadi teladan. Kritik budaya tetap terbatas, kata Said, kecuali melibatkan kritik geografis dan politik imperialisme, dan sebaliknya. Tidak seperti banyak kritikus sastra yang bahasa geografinya bersifat metaforis, geografi Said sangat material, terkait dengan politik, emosi, dan sejarah. Kekuasaan dan gairah koneksi ini tidak diragukan lagi dipicu oleh biografinya: seumur hidup dihabiskan sebagai pengasingan, betapapun istimewa, dari Palestina yang direbut. Otobiografi kehidupan awalnya, Out of Place (l999), tidak hanya menjadi bacaan memukau, tetapi juga secara eksplisit menegaskan pentingnya geografi masa kanak-kanak dalam pembentukan intelektual radikal. Tidak jarang di waktu luangnya, ia juga menulis banyak tentang musik dan bermain piano dengan penuh semangat, bahkan ia memiliki keterampilan seorang pianis konser. Di luar kontribusi intelektualnya, Said tidak diragukan lagi terkenal, memang terkenal, karena dukungannya yang kuat, kritis, dan penuh tekad untuk kemerdekaan Palestina. Sebagai anggota independen Dewan Nasional Palestina dari tahun l977 hingga l99l, ia blak-blakan tentang perampasan Palestina setelah tahun l948, dilakukan dengan dukungan AS dan Inggris, dan penindasan terhadap Palestina sejak saat itu. Tidak bermaksud meremehkan tragedi Holocaust, ia tetap bersikeras bahwa solusi untuk episode mengerikan itu—dan untuk menghilangkan rasa bersalah dunia karena membiarkannya terjadi—seharusnya tidak dilakukan dengan mengorbankan kedaulatan, mata pencaharian, dan kehidupan warga Palestina. Dia bersikukuh bahwa masalah Palestina tidak hanya berfokus pada kondisi kepemilikan kembali tanah untuk populasi Arab Israel, tetapi juga pada hak untuk kembali bagi warga Palestina yang diasingkan. Namun, ia memutuskan hubungan dengan Yasser Arafat setelah Perjanjian Damai Oslo. Ia memandang pernjanjian itu sebagai “penjualan besar-besaran” untuk berperang Israel, ‘Versailles Palestinian’, sebagaimana ia menyebutnya, merujuk pada kondisi kejam yang ditimpakan pada para pecundang Perang Dunia I. Tidak ada pilihan, Said percaya, bagi Israel dan Palestina kecuali hidup berdampingan di wilayah yang sama, meskipun mungkin dengan negara-negara yang terpisah, dan untuk kompromi geografis ini ia menerima kritik dari kedua belah pihak. Dijelekkan di seluruh dunia, terutama di Kota New York oleh Zionis sayap kanan dan pendukung kekerasan anti-Palestina Israel, kantor universitasnya berada di berbagai titik yang dilindungi oleh polisi kampus. Benar untuk membentuk, dalam obituari yang memalukan, New Yovk Times melukis Said sebagai teroris atau setidaknya simpatisan teroris, “profesor teror”, seperti yang ditulis oleh salah satu majalah ekstrimis. Pada saat yang sama, ia dikucilkan oleh banyak orang di Otoritas Palestina karena terlalu bersedia untuk berkompromi dengan klaim Israel.

Edward W Said adalah kehadiran politik dan intelektual yang luar biasa bagi kita semua. Kecerdasan kritisnya, yang berkali-kali diekspresikan dalam keberanian dan prinsipnya membela penentuan nasib sendiri orang-orang yang tertindas di seluruh dunia, akan sangat dirindukan. Dalam Culture and Imperialism (l993), misalnya, ia membidik langsung pada “despotisme Bismarckian” dari Saddam Hussein, namun di kemudian hari, secara konsisten, ia menyesali perang melawan Irak sebagai tragedi dramatis dari kegagalan imperialisme AS. Dia bukan siapa-siapa jika bukan penuntut kesempatan-setara atas penindasan, seorang intelektual dalam arti paling mendalam, yang lebih dari satu kali membuat marah sekutu politiknya dengan melontarkan kritik keras yang sama kepada mereka yang biasanya ditujukan pada para pelaku penindasan. Entah karena ini atau sebagai akibatnya, dan apakah patut dipuji atau dipertanyakan, Said mempertahankan makna independensi yang setara dari partai-partai politik yang terorganisir.

Edward Said adalah pria yang menarik dan ramah yang, jika dia tidak tinggal di negara yang secara sistematis mengabaikan para intelektualnya, terutama mereka yang di sayap Kiri, akan memiliki efek yang lebih besar pada dunia. Berita kematiannya di Eropa jauh lebih beragam dan memuji dibandingkan di media yang dikendalikan Amerika Serikat. Baik dalam wawancara atau dalam percakapan santai yang berlangsung sepanjang jalan, ia berbicara dalam paragraf lengkap dengan pengetahuan yang luar biasa. Cerdik dan gesit pada pijakannya, dan seorang pria dengan kedalaman dan keluasan intelektual yang luar biasa, keterlibatan Said yang gigih dengan geografi dalam arti luas akan menjadi sumber daya tarik yang berkelanjutan untuk tahun-tahun mendatang. “[G]eografi, katanya dalam wawancara, dengan sensibilitas langka bagi seseorang yang tinggal di New York sejak tahun 1960-an, ‘‘ adalah satu-satunya cara saya dapat dengan jelas mengungkapkan sejarah hidup saya”. Pembuatan geografi, bagi Edward Said, juga merepresentasikan suatu cara yang dengannya politiknya terbentuk, sementara dia memahami pertikaian politik merupakan bagian integral dari pembuatan geografi yang sama ini. Berikut adalah transkrip dari wawancara kami dengan Edward Said.

Neil Smith: Saya pikir, Anda sudah mengatakan secara eksplisit bahwa geografi bukanlah solusi untuk konflik antara Palestina dan Israel. Kenapa tidak?

Edward Said: Seperti yang ada sekarang, ada kemungkinan setiap jenis entitas negara Palestina akan diakui, tetapi itu akan diakui sebagai bagian dari apa yang saya sebut semacam pemukiman interim permanen. Sepertihalnya Israel diakui oleh banyak negara pada tahun l948 sebagai negara tanpa batas yang dinyatakan, Palestina juga akan demikian. Palestina tidak akan memiliki batas yang dinyatakan dan itu akan menjadi sesuatu untuk negosiasi untuk waktu mendatang yang lama. Realitas di lapangan, yang sepenuhnya tersumbat di media, adalah bahwa, tidak peduli negara apa yang muncul (apakah yang dia [Yasser Arafat] nyatakan menentang kehendak Israel atau yang muncul karena negosiasi antara dia dan Israel dan di atas semua orang Amerika) itu akan menjadi negara yang sepenuhnya bergantung pada Israel secara ekonomi. Itu adalah persoalan pertama yang perlu diperhatikan. Kedua, Palestina akan berada di bawah kekuasaan keamanan Israel sehingga tidak akan memiliki kekuatan untuk membiarkan orang masuk dan keluar. Sekali lagi, Palestina masih akan berada di tangan Israel seperti sekarang ini. Jadi, Palestina tidak akan memiliki wilayah yang berdekatan, titik yang sangat penting. Artinya, jika muncul sekarang akan ada beberapa wilayah, yang semuanya harus terhubung melalui wilayah Israel sehingga Israel dapat memotong satu wilayah dari yang lain.

NS. Seperti Bophuthatswana di Afrika Selatan?

ES. Tepat, modelnya sama. Atau kawasan penampungan di negara Barat dan sebagainya. Jika itu muncul di bawah perlindungan Israel dan Amerika Serikat karena negosiasi, Gaza dan Tepi Barat akan sepenuhnya terpisah. Keduanya berjarak 25 mil dan jembatan darat akan dikontrol oleh Israel. Jadi, itu permasalahan ketiga. Keempat, Palestina akan menjadi satu-satunya negara di dunia yang saya tahu yang tidak memiliki kedaulatan—terus terang. Palestina akan memiliki otonomi, memiliki pemerintah kota, bertanggung jawab atas kesejahteraan warganya, tetapi tidak akan dapat melakukan apa yang biasanya dilakukan oleh negara berdaulat, yaitu mengontrol perbatasan dan hal-hal yang saya sebutkan. Dan terakhir, Palestina tidak akan menjadi negara di mana warga Palestina dapat dengan mudah di-repatriasi. Dan, bertentangan dengan apa yang dikatakan media, masalah utama antara Palestina dan Israel (terlepas dari apa yang Arafat dan Barak sepakati) bukanlah masalah Yerusalem tetapi masalah pengungsi. Dengan kata lain, sekarang ada 4 juta pengungsi Palestina di dunia yang tidak memiliki kewarganegaraan, banyak dari mereka di Lebanon, Suriah, Yordania (tidak semua dari mereka di Yordania tidak memiliki kewarganegaraan, tetapi mereka adalah pengungsi, dan mereka memiliki status yang lebih rendah daripada warga negara Yordania), Mesir, Libya, bagian lain dunia Arab, Teluk, Eropa, Amerika Utara, Australia, dll. Dan, tidak ada ketentuan, dalam diskusi sejauh ini, selain sekira 100.000 dari mereka. Jadi, Israel bersedia menerima 100.000 pengungsi sebagai apa yang dalam bahasa Arab disebut lemshan, yang berarti penyatuan-kembali keluarga. Dengan kata lain, jika ada seorang kepala keluarga berusia 80 tahun dan memiliki cucu dan seterusnya di Haifa, maka dia akan dapat kembali jika mau mengajukan permohonan. Semua ini tentu saja atas kebijakan Israel. Sisanya ia harus dinegosiasikan antara Israel dan PLO: berapa banyak dari mereka akan diizinkan kembali ke Tepi Barat dan Gaza (Negara Palestina), tetapi tidak di rumah mereka di bekas Palestina.

Edward Said

Saya pikir itu masalah utama. Di sana letak inti dari seluruh konflik di antara kita. Ini adalah masalah perampasan. Ini adalah masalah pengembalian. Dan, masalah pengakuan atas apa yang telah terjadi. Poin terakhir yang ingin saya sampaikan tentang negosiasi saat ini, sekali lagi yang diekslusi dari analisis media, permintaan nomor satu oleh Israel yang mereka berikan kepada Arafat dan ingin dia tandatangani, adalah akhir dari konflik. Maksud saya Yerusalem itu penting dan seterusnya dan seterusnya, tetapi para pengungsi lebih penting karena mereka adalah masalah yang lebih besar dan lebih lama berjalan. Dan mengakhiri konflik adalah pertanyaan yang paling penting, karena jika Arafat menandatangani perjanjian seperti itu, kita tidak lagi memiliki klaim melawan Israel. Jadi, dia tidak bisa menandatangani itu, tetapi dia tahu bahwa itulah yang Barak ingin Arafat lakukan. Dalam arti itulah yang dijaga agar tetap hidup. Hanya dia yang bisa mengakhiri konflik, hanya pemimpin Palestina.

NS. Setelah mengatakan semua ini, posisi Anda sendiri, saya pikir, selalu, bahwa tidak mungkin ada solusi geografis, bahkan jika itu mungkin untuk mendapatkan kedaulatan didefinisikan dalam hal tanah, tetapi skenario yang Anda sebutkan .. .

ES. Tidak, saya pada prinsipnya siap, jika bisa dilakukan, memiliki dua negara. Jika ada pemisahan yang jelas di antara mereka, dalam arti bahwa satu negara adalah Israel (seluruhnya Yahudi dengan pengecualian minoritas Palestina—di situlah masalah dimulai karena tidak ada negara yang sepenuhnya satu hal atau hal lain) dan yang lain yang sebagian besar adalah Palestina di mana ada sejumlah penduduk Yahudi (orang-orang dari permukiman yang tidak ingin pergi dan tidak dapat dipaksa untuk pergi) yang kemudian harus tinggal di sana di bawah yurisdiksi Palestina. Pernjanjian saat ini memberikan persetujuan yang menunjukkan bahwa mereka dapat tinggal di sana secara ekstra-teritorial di bawah yurisdiksi Israel di sebuah negara Palestina. Maksud saya, itu gila. Jadi, secara teori saya tidak menentang dua negara, pada akhirnya bergerak menuju satu negara, karena dimensi yang kita bicarakan sangat kecil. Fakta-fakta, di bawah, adalah sebagai berikut: antara Ramalla di utara dan Betlehem di selatan, ada sekitar satu juta warga yang hidup sekarang, Arab dan Yahudi kira-kira dengan jumlah yang sama. Tidak ada cara yang memungkinkan mereka dapat secara fisik dipisahkan tanpa apartheid, dengan kata lain, kecuali jika kamu mengatakan bahwa jika kamu dari agama ini kamu memiliki hak-hak ini dan jika kamu dari agama itu kamu tidak memilikinya, yang merupakan pengaturan saat ini. Jadi, itu sebabnya saya mengatakan kita harus memiliki negara di mana semua warga negara memiliki satu suara, cara model Afrika Selatan bekerja untuk mengakhiri apartheid. Jika gagal, kita akan mengalami pengakhiran konflik dalam satu atau lain bentuk. Itu adalah tebakan akademis saya.

Cindi Eatz. Dan kedengarannya seperti itulah yang akan terjadi, dalam hal imajinasi geografis dari dua orang yang hidup berdampingan dalam satu ruang negara …

ES. Ya, mereka sudah melakukannya.

CE. Benar, tetapi dengan legitimasi untuk keduanya …

ES. Satu adalah kelas kuli, kelas bawah, dan kalian dapat melihatnya ditandai oleh, misalnya, jika kalian pergi ke beberapa permukiman besar Israel di sekitar Yerusalem atau Qiriat Atumba atau Ma’ahat Aldumin, dll, kalian berjalan atau mengemudi di jalan dan kalian melihat bahwa orang-orang yang membawa air, orang-orang yang terlihat kotor, yang jelas-jelas bekerja di ladang, sebagai tukang kebun katakanlah, atau membersihkan kolam renang, adalah warga Palestina. Mereka adalah tenaga sewa. Dan jika kalian pergi ke restoran di Israel di Haifa, di Yerusalem Barat, di Tel Aviv, para pelayan semuanya adalah warga Palestina. Jadi, ini bukan hanya isapan jempol belaka, ini bukan hanya pernyataan teoretis, kalian dapat benar-benar melihat kelas kuli—di berbagai warna wajah mereka. Tempat di mana kalian tidak terlalu sering melihatnya adalah wilayah Israel tempat tinggal warga Yahudi Oriental,[1] yang sebenarnya adalah orang Arab. Dan, bagi saya tampaknya ada potensi untuk beberapa perubahan politik yang penting.

NS. Cara Anda menanggapi secara khusus tentang Palestina hari ini agak bertentangan dengan argumen yang lebih umum yang saya pikir telah Anda buat, terutama dua atau tiga tahun terakhir, mengenai ketidakmungkinan pembagian wilayah yang benar-benar menyelesaikan konflik. .

ES. Oh, saya katakan, saya tidak berubah pikiran. Saya percaya itu, saya hanya mengatakan bahwa jika kita mengikuti logika yang ada saat ini, yang tampaknya merupakan pemisahan teritorial, dan saya kira kata yang tepat adalah partisi, saya pikir itu dapat dibuat terjadi. Namun, itu tidak bisa, saya tidak berpikir, itu bisa berlangsung. Itu saja yang saya katakan.

NS. Ada serangkaian masalah geografis yang lebih luas. Masalah nasionalisme Palestina telah hidup sejak sebelum tahun 1948, tetapi sekarang beroperasi dalam konteks dunia pasca-perang dingin. Salah satu respons terhadap apa yang disebut globalisasi adalah nasionalisme berbagai bentuk, dan ada sejumlah pertanyaan yang muncul dalam konteks itu. Di satu sisi, ada peringatan historis yang mengerikan dari seseorang seperti Franz Fanon tentang apa yang akan dilakukan perjuangan pembebasan nasional atau yang akan dilakukan untuk diri mereka sendiri ketika mereka berkuasa. Tetapi tanggapan lain terhadap globalisasi barangkali lebih optimistik. Ada diskusi tentang internasionalisme baru yang muncul bahkan sebelum pemberontakan Seattle. Bagaimana menurut Anda pertanyaan tentang nasionalisme Palestina, mengingat apa yang baru saja kita diskusikan tentang kemungkinan jalan untuk Palestina, bagaimana menurut Anda nasionalisme Palestina akan sesuai dengan konteks global yang lebih besar?

ES. Izinkan saya mengatakan sedikit tentang dialektika pembebasan nasional yang dibicarakan Fanon. Yakni, kecuali jika ada transformasi kesadaran, nasionalisme itu sendiri hanya akan mengarah pada bentuk represif lain, yang pada dasarnya adalah salinan dari bentuk kolonial lama. Itu sudah terjadi. Otoritas Palestina adalah semacam reproduksi terdegradasi dari Israel dan sebelum itu Inggris dan sebelum itu—urutannyaadalah, Palestina, Israel, Mesir, Yordania (Mesir di Gaza dan Yordania di Tepi Barat) dan sebelum Inggris—kontrol kolonial. Jadi, Otoritas Palestina hanyalah versi lain dari itu, karena sebagian besar terdiri dari jasa keamanan. Di sini lebih banyak orang yang bekerja di sektor alih-alih di sektor lain mana pun. 60% dari anggaran masuk ke birokrasi dan layanan keamanan, 2% masuk ke infrastruktur. Ini sama sekali tidak produktif dan, lebih dari segalanya, itu bersifat represif. Ada juga laporan dari Amnesty, bahwa ada lebih banyak wartawan, stasiun televisi, jurnal, majalah, dan surat kabar yang ditutup oleh Otoritas daripada waktu sebelumnya. Jadi itu mimpi buruknya.

A new Palestinian Intifada begins to bloom - IWL - FI
Intifada di Palestina

Sekarang, dalam konteks yang lebih besar, sulit untuk beralih dari permasalahan Palestina ke permasalahan globalisasi, seperti yang diangkat oleh para selebritas globalisasi, sebut saja [jurnalis New York Times] Thomas Friedman[2] yang berkeliling memberitahu semua orang bahwa penyelamatan sudah dekat. Kecuali jika kalian memiliki definisi dan realisasi diri-nasional tertentu, tempat di mana kalian tidak merasa tertekan, maka kalian harus memiliki langkah perantara. Kalian tidak bisa begitu saja melompat ke semacam kesadaran global atau terglobalisasikan atau kosmopolitan atau internasionalis dengan mudah. Ini adalah kasus bagi sebagian besar warga Palestina karena mereka ditekan dan dianiaya dan dipilih berdasarkan identitas lokal mereka sebagai warga Palestina. Bahkan, seseorang dari generasi anak saya, yang memiliki namaku di paspornya, dipilih ketika saya digambarkan dilahirkan di Palestina. Dia mendapat perlakuan selektif di perbatasan mana pun yang mungkin dia tuju apakah itu di dunia Arab, Israel, atau Eropa Barat. Jadi, kesadaran global dalam kasus kami, sayangnya menurut pendapat saya, berjalan sangat jauh ke arah badan kecil dalam bentuk LSM. LSM adalah bagian dari jaringan internasional, yang didanai secara politis, dalam kasus Palestina. Di sini ada 65 atau 66 lembaga penelitian, selusin kelompok perempuan, lebih banyak LSM daripada yang bisa saya katakan karena saya tidak bisa menghitung semua lembaga hak-hak pekerja (anak saya bekerja di salah satu dari mereka, Democracy and Workers’ Rights), yang lain untuk sistem kesehatan desa, tentang cerita rakyat dan adat istiadat serta pakaian rakyat. Jika itu bagian dari globalisasi dari bawah, boleh saja, tetapi itu bukan pengganti untuk gerakan politik.

Itulah masalah besar dan itulah yang terjadi. Orang-orang perlu menggunakan LSM ini—terutama kelas menengah profesional yang harus khawatir tentang pendidikan anak-anaknya—untuk mendapatkan paspor karena merkea tidak dapat pindah dari satu bagian Palestina ke yang lain tanpa izin Israel. Semua itu dapat difasilitasi oleh payung LSM, tetapi sayangnya semua organisasi LSM terhubung ke proses perdamaian. Jadi, jika kamu melihat secara cermat dalam pembukaan hibah apa pun itu dikatakan bahwa ini harus dilakukan dalam konteks Kesepakatan Oslo.[3]

Jadi itulah yang terjadi. Selain itu, orang-orang Palestina bepergian dan sekarang ada kesadaran umum Palestina, yang muncul dari kalangan diaspora, yang cukup kuat. Dan masalah Palestina memang harus bersifat internasional karena warga Palestina tinggal di mana-mana. Ada gerakan besar dan kuat yang dimulai di negara ini, ada satu di Eropa Barat, setiap negara Arab memilikinya. Tapi tidak lengkap, itu tidak benar-benar fokus sebagai gerakan dan tidak memainkan peran kecuali untuk satu hal, yaitu kembali. Ide pengembalian adalah pusat kehidupan Palestina dalam geografi global. Jadi ke mana pun kamu pergi jika kamu bertanya kepada seorang Palestina di mana kamu berasal, dia mungkin mengatakan saya dari Umel Shahan, dan saya akan mengatakan saya dari Yerusalem, sehingga geografi lama dipertahankan seperti itu. Selain itu, tidak banyak yang berubah.

CE. Tetapi kepentingan untuk kembali akan digerogoti oleh proses negara, yang tidak memungkinkan untuk pengembalian apa pun. Jadi pertanyaan pembebasan Palestina …

ES Ya. Pembebasan adalah kata yang tidak lagi kalian dengar. Kembali ke bagian awal tahun ini di Lebanon. Ini adalah satu-satunya contoh dalam sejarah kita saat ini di mana wilayah dibebaskan cengkraman Israel, tepatnya di Lebanon Selatan, berkat Hizbullah. Sekarang orang mungkin tidak menyukai Hizbullah—itu adalah organisasi keagamaan dan seterusnya dan sebagainya — tetapi mereka adalah satu-satunya kelompok Arab, tentara, apa pun yang kalian ingin panggil mereka, yang mampu mengusir Israel. Dan di sana kata resistensi mukhalam digunakan bersama dengan pembebasan, tetapi kata itu memiliki perkembangan singkat dalam konteks pembebasan dan hanya dalam konteks itu. Salah satu hal yang sangat menarik, saya pikir, adalah lingkungan diskursif di mana kata-kata seperti “pembebasan”, kata-kata seperti “perencanaan”, kata-kata seperti “kebaikan bersama” semuanya telah kehilangan artinya. Kata-kata itu sekarang mungkin berarti tirani negara. Atas nama “kebaikan bersama” Arafat mungkin datang dan menutup stasiun radiomu karena kamu tidak loyal dan ketidaksetiaan di hadapan musuh Zionis berarti kamu kehilangan lisensi untuk menyiarkan. Dengan kata lain kita tidak bisa kritis. Dan itulah nasionalisme menjadi. Tetapi, gagasan pembebasan tidak ada lagi. Arafat mengatakan dalam pidatonya bahwa dia akan membebaskan Yerusalem tetapi tidak ada bukti bahwa dia melakukan sesuatu tentang hal itu kecuali memberikan pidato.

Palestine's First Intifada Is Still a Model for Grassroots ...
Para perempuan Palestina

Jadi, seluruh konteks itu, saya khawatir, telah menghilang sebagai akibat dari hilangnya kaum Kiri. Tidak ada yang tersisa untuk dibicarakan. Ada kekuatan baru, yang samar-samar dianggap di sayap Kiri, yaitu Hamas, kekuatan Islam religius. Mereka merepresentasikan perlawanan, tetapi mereka tidak bisa dikatakan berada di sayap Kiri. Jadi pembebasan ada dalam cara yang aneh—saya tidak bisa mengatakan mati—tetapi hanya tenggelam, tenggelam di bawah gundukan pasir. Orang tidak berbicara dalam istilah itu. Mereka berbicara lebih banyak tentang globalisasi — yang menghubungkan ekonomi global. Sebagian besar bahasa Otoritas, misalnya, sangat mirip dengan yang berikut: kami berencana mengubah tempat ini menjadi Singapura, lupa bahwa sudah ada Singapura, tidak hanya di Singapura, tetapi juga di Timur Tengah. Itu adalah Israel! Israel adalah Singapura. Bahasa baru Otoritas adalah bahasa komputer.

Ada upaya untuk menggunakan sistem global demi tujuan pembebasan, yang dilembagakan tahun ini di sebuah kamp pengungsi di selatan Betlehem yang disebut Dahesha. Wilayah itu berada di Tepi Barat, di bawah Otoritas Palestina, tetapi terdiri dari orang-orang yang berasal dekat Betlehem—orang-orang yang diusir pada tahun 1948 dan keturunan mereka—dan orang-orang itu datang ke daerah ini dekat Betlehem, hanya beberapa mil jauhnya, setelah diusir oleh Israel. Mereka mendirikan kamp pengungsi di bawah UNHCR (Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi), di Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan tentu saja orang-orang mulai membangun di sana, dan sekarang mereka berada di generasi ketiga, sehingga mereka memiliki anak-anak sekolah menengah di kamp. Sekelompok penghuni kamp tahun lalu memutuskan bahwa ada satu cara untuk keluar dan itu adalah dengan membangun sesuatu yang mereka sebut Operasi Ibta‘. Dalam bahasa Arab ibta’ berarti “kreativitas”, seperti kreativitas seorang penulis atau seniman. Dan di kamp itu mereka membeli terminal komputer dan melatih anak-anak untuk dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan anak-anak lain di kamp-kamp lain di bagian lain di Timur Tengah. Jadi, ini adalah pertama kalinya para pengungsi berkomunikasi di antara mereka sendiri. Dan tidak hanya itu, salah satu proyek mereka adalah untuk anak-anak yang tinggal di Dahesha yang karenanya dapat melintasi garis hijau, pergi ke Israel, mengunjungi desa mereka dan menggambarkan desa mereka di komputer dengan para pengungsi lainnya. Dan lingkaran itu tumbuh.

Pada tanggal 26 Agustus wilayah tempat komputer ini diserang dan dihancurkan—semuanya hancur. Siapa di belakangnya? Kalian bisa memikirkan setidaknya tiga atau empat pihak yang akan tertarik menghancurkan proyek ini. Salah satunya tentu saja orang Israel, karena yang tumbuh sebenarnya adalah semacam kesadaran yang menentang pemisahan yang telah dipaksakan pada orang-orang dan itulah yang coba dilakukan oleh proses perdamaian. Yang lain, adalah Otoritas itu sendiri, karena di sini adalah kondisi baru ini, yaitu pengembalian dan reunifikasi rakyat, bahwa kami adalah satu orang di mana pun kami berada, sebenarnya sedang diwujudkan dan menubuh dalam kegiatan ini dan karenanya harus dihancurkan. Demikian seterusnya. Kalian dapat membayangkan orang-orang Yordania tidak terlalu senang dengan hal ini, atau orang-orang Mesir. Jadi, di sini adalah contoh di mana koneksi global dapat dilihat secara positif dalam semacam cara primitif, tetapi juga sangat terancam.

NS. Salah satu daya tarik karya Anda bagi banyak dari kami yang terdidik dalam geografi, berasal dari  Conrad[4], yang jauh lebih sastrawi. Dari Orientalism[5] hingga Culture and Imperialism[6] dan dalam tulisanmu selanjutnya, sensibilitas geografis yang luar biasa tampak jelas. Itu jelas sangat menarik bagi kami, tetapi juga sesuatu yang tidak mudah disambungkan. Ini adalah sensibilitas geografis yang dikembangkan bahkan dalam hidup Anda saat tinggal di Amerika Serikat—negara dengan sensibilitas geografis yang mungkin paling tidak berkembang di dunia. Populasi yang lebih luas memiliki imajinasi geografis yang sangat buruk. Menurutmu dari mana sensibilitas geografis itu berasal? Bagaimana Anda menjelaskan fakta bahwa ada pengakuan luar biasa dalam karya Anda tentang politik geografi dan geografi politik?

ES. Yah, saya pikir sebagian itu adalah “kecelakaan sejarah”. Saya tampaknya hidup dan sadar pada periode ketika transformasi besar dunia pascaperang yang saya tempati segera dimulai. Pertama-tama, pemindahan otoritas kolonial. Saya menyaksikan pengosongan Mesir dan Palestina oleh tentara Inggris, dan di Lebanon—tempat kami menghabiskan musim panas—oleh Perancis. Saya ingat dengan sangat jelas, kaget melihat tentara Senegal di jalanan Beirut. Pemandangan yang sangat indah, Zv’ar, di bawah terik matahari dan topi berang-berang serta bulu merahnya, dan aku harus bertanya-tanya apa yang sedang terjadi?

NS Apa yang mereka lakukan di sana?

ES Apa yang mereka lakukan di sana, tepat sekali. Ini membuat saya sangat sadar akan perpindahan orang, terutama mereka yang saya kenal. Yang terpenting adalah tahun 1948 ketika keluarga yang tersebar di seluruh Palestina tiba-tiba tidak ada lagi di sana dan saya tidak tahu siapa pun di Palestina. Semuanya ada di tempat lain. Itu sangat krusial. Juga ketika saya temukan dalam memoar, saya mengembangkan perasaan tidak pada tempatnya, tidak pernah bisa berada di tempat di mana saya merasa benar-benar di rumah. Saya kemudian menyadari cukup awal bahwa saya tidak akan pernah bisa di rumah, bahwa tidak mungkin untuk kembali ke tempat-tempat itu. Bahwa ketika seseorang meninggalkan yang tersisa, kurang lebih, bahwa itu adalah kepergian eksistensial yang tidak pernah benar-benar dapat dipulihkan. Dan kemudian saya mulai tertarik pada pengalaman-pengalaman semacam itu dalam apa yang saya baca dan dalam apa yang saya tulis. Oleh karena itu, Conrad, yang merupakan bentuk yang sangat penting dari sesuatu yang berpindah dalam perjalanan, yang mewujudkan rasa pengasingan, tetapi juga cukup aneh bahkan dalil filologi, yang saya sangat awal tertarik sebagai kritikus sastra. Ada sebuah buku yang luar biasa oleh seorang Hispanik di Yale bernama Rosa Menocal yang disebut The Shards of Love,[7] dan ini merupakan studi tentang lirik. Dia berpendapat bahwa lirik, serta kebangkitan filologi, didasarkan pada pengasingan. Kalian hanya menulis tentang hal-hal dengan cara liris jika ada rasa jarak dan kehilangan serta perampasan. Bahwa tradisi filologis hebat secara historis (kembali sejauh Dante tetapi tentu saja datang ke abad kita ke Auerbach—orang-orang yang selalu saya sukai) selalu mengecualikan orang buangan, orang-orang yang telah menggunakan kata-kata di mana geografi kejam.

NS. Biarkan saya mengorek lebih jauh tentang hal ini. Ada imigran yang datang ke Amerika Serikat dengan imajinasi spasial yang berkembang baik, baik sebagai orang buangan atau sukarelawan. Tetapi bagi banyak imigran itu, sensibilitas geografis bisa hilang, dibatasi, berkurang, atau didorong menjadi semacam nostalgia bagi negara lama di mana pun itu. Dan itu tidak pernah terjadi pada Anda, pada kenyataannya yang sebaliknya terjadi, geografi Anda menjadi lebih kuat dalam pekerjaan profesional. Mengapa demikian?

ES. Karena geografi, dengan cara yang lucu, adalah satu-satunya cara saya dapat dengan jelas mengungkapkan sejarah hidup. Ungkapan sejarah bagi saya selalu melalui geografi dan bukan sebaliknya. Geografi mengungkapkan bagian-bagian dasar masa lalu, saya menemukan sistem dan konsensus yang selalu saya lawan. Seiring bertambahnya usia, saya menjadi lebih pemberontak dan lebih tidak mau menerima kekuatan konsensus seperti yang diungkapkan melalui geografis: yaitu pendudukan ruang, upaya mengubah ruang dari satu hal ke hal lain. Persoalan itu kembali ke pengalaman Palestina bagi saya. Ini adalah tanah yang disebut Palestina dan tiba-tiba menjadi tanah yang disebut Israel. Para pemimpin baru mengatakan tidak ada orang di sana, atau bahkan jika mereka ada di sana, mereka benar-benar bukan penduduk negeri itu—Golda Meier (Perdana Menteri Israel perempuan yang diangkat tahun l969, pen). Itu adalah gerakan transformatif yang hebat dalam imajinasi saya, berpegang pada geografi — geografi sebagai bagian dari sejarah yang telah ditolak. Jadi geografi adalah ekspresi sejarah daripada sesuatu yang lain. Kalian mungkin mengatakan itu adalah bahan ontologis yang dengannya saya menemukan diriku bekerja semakin banyak.

A new Palestinian Intifada? – Foreign Policy
Protes warga Palestina

CE. Saya selalu menghargai itu dalam semua tulisan Anda dan saya memiliki pengalaman mendalam tentang hal itu di Yerusalem, di mana saya menolak pergi karena alasan anti-Zionis, tetapi El Al adalah satu-satunya maskapai penerbangan yang memiliki ongkos kaum muda ketika saya pertama kali pergi ke Afrika, jadi saya akhirnya tinggal di Yerusalem Timur, dan hanya melihat Yerusalem, bukan Israel. Tetapi saya benar-benar rela diriku tidak tertarik, tetapi tentu saja ini adalah tempat yang luar biasa ini dan saya sedang berjalan di atas Solomon’s Stables[8] dan saya memiliki pengalaman yang terkandung dari lapisan-lapisan sejarah dalam ruang itu dan semua orang yang berbeda dan semua berjuang. Rasanya seperti merasakan pergulatan dengan cara yang saya bayangkan akan saya rasakan ketika saya melihat piramida, yang indah, tetapi mereka adalah arsitektur. Yerusalem mewujudkan pengalaman geografi yang lebih sosial sebagai sejarah.

ES. Ya, ada beberapa jenis kota tertentu, seperti Paris, di mana semuanya dipisahkan secara geografis dan semuanya tampaknya dibingkai dan disorot untuk cara-cara yang kalian bisa melihatnya …

NS. Monumental …

ES. Di-monumental-kan, dibingkai dengan baik adalah cara terbaik yang saya tahu untuk menggambarkannya. Monumen dibingkai, sehingga mereka kehilangan masa lalu mereka dan mereka berubah menjadi sesuatu yang bagiku serangan terhadap mata. Dan jelas itu seharusnya membuat kalian merasa tidak penting. Paris adalah kota yang indah, tetapi jenis kota lain yang membuat saya merasa lebih betah, bahkan lebih dari Yerusalem, adalah kota seperti Kairo. Dengan semua tingkatan, Kairo adalah kota yang kaya tak terbayangkan, jauh lebih kaya dari Yerusalem, tidak ada perbandingan. Namun, semuanya bercampur aduk, tidak rapi, kotor. Kalian tidak bisa mendapatkan aspek kota tempat kalian dapat mengatakan  ‘‘di sana’’. Kairo tidak dapat dibingkai karena selalu ada sesuatu yang datang dalam bingkai, beberapa pecahan masa lalu, beberapa fragmen, ada sesuatu yang belum tentu lengkap. Kairo selalu dibangun, dibangun, dibangun kembali, diruntuhkan, dll. Tetapi tidak ada yang pernah hilang. Sebagian kecil selalu mengintip kalian. Dan yang saya temukan entah bagaimana sesuai dengan pengalaman geografi sendiri, bahwa geografi selalu penting dan selalu ada sesuatu yang terjadi di sana yang telah terjadi, akan terjadi, tanda-tanda fisiknya ada untuk dibaca.

CE. Apakah New York memberi Anda perasaan itu?

ES. Tidak terlalu banyak, tetapi New York dalam arti tertentu secara teoritis, dalam hal ini adalah kota di mana kalian tahu bahwa semua orang yang kalian lihat bukan dari New York. Sejumlah besar orang datang dari tempat lain. Jadi dalam arti tertentu, kalian dapat mengatakan bahwa New York adalah hasil akhir dari semua jenis medan perang dan persaingan ini, di mana mereka telah tumpah ke dalamnya.

NS. Biarkan saya menelisiknya lebih jauh lagi, karena Out of Place,[9] membuat kasus yang sangat fasih terkait bagaimana perpindahan fisik Anda sendiri dan mobilitas otobiografi Anda, baik secara fisik dan metaforis, memberi perasaan tunawisma yang konstan, berada di luar dari tempat. Namun setelah membacanya, saya memikirkan sebagian tentang New York dan berpikir Anda sudah berada di sini selama hampir empat puluh tahun. Ini adalah tempat dan sebuah episode di mana Anda menempatkan diri, di satu sisi menemukan tempat. Dan membaca memoar itu ada satu hal yang saya ingat di mana Anda mengatakan bahwa Anda benar-benar menemukan tempat untuk diri sendiri di New York, tetapi di tempat lain Anda bersikeras merasa terasing dari dan di New York, tidak pernah betah di rumah. Di sini tampaknya menjadi ambivalensi yang luar biasa tentang New York.

ES. Oh, tentu saja, luar biasa. Maksud saya, New York juga merupakan bayangan dari diri sebelumnya. New York telah menjadi pusat ibu kota dunia. Seseorang benar-benar tidak dapat melihatnya. Tapi itu juga tempat—seperti yang saya katakan dalam pengantar buku baruku—yang memiliki sejarah penting, sejarah yang hilang, agitasi radikal, radikalisme dalam seni, radikalisme dalam politik, radikalisme dalam pemikiran. Dan semuanya perlahan-lahan dihancurkan sehingga bagi saya New York adalah semacam kontes tanpa akhir antara berapa banyak yang bisa dihomogenisasi dan di-tuan-kan dan ditelan, dan berapa banyak yang akan menolaknya. Dan saya pikir ada cukup banyak perlawanan, jika kalian memperhatikannya. Jika kalian tidak memperhatikannya, maka kota itu sepertinya adalah satu hal yang tidak berbeda.

CE. Anda baru saja melihat pusatnya.

NS. Ada semacam keheningan lain yang saya pikir di Out of Place — mungkin New York bukan keheningan—tetapi juga mengejutkan bahwa proses di mana Anda menjadi semakin terpolitisasi, sebelumnya tetapi terutama setelah tahun 1967, dan menjadi terlibat dalam politik Palestina itu juga sebuah episode di mana Anda mencari tempat politik. Tentu saja Anda sejak pindah dari setidaknya hubungan kelembagaan dengan Dewan Nasional Palestina, sehingga Anda dapat berargumen bahwa telah mengalami pemindahan terus-menerus bahkan dalam politik Palestina. Tetapi ada penempatan juga, bukankah politik juga merupakan sarana untuk menemukan tempat? Saya hampir mengharapkan volume kedua: setelah Out of Place, mungkin Back in Place?

ES. Tidak, karena saya selalu, saya pikir, adalah orang luar bahkan dalam gerakan itu, jika itu yang kamu bicarakan?

Bagaimana Pemimpin Palestina Yasser Arafat Hindari Mesin Pembunuh ...
Yasser Arafat, pemimpin PLO, ketika masih muda

NS. Ya, persis seperti itu.

ES. Saya selalu merasa kritis terhadapnya, dan tidak mau menjadi anggota. Saya tidak pernah menjadi anggota partai politik mana pun. Saya adalah satu dari sedikit orang yang bukan bagian dari Fatah. Saya adalah anggota PNC (Palestinian National Council, Dewan Nasional Palestina), tetapi saya adalah anggota independen, saya tidak memiliki afiliasi politik. Saya tentu saja didekati oleh sejumlah kelompok yang menginginkannya, tetapi saya merasa bahwa menjadi terkooptasi sepenuhnya akan berarti semacam penempatan dan kesetiaan dan, bagaimana saya mengatakannya, persetujuan, yang akan menghalangi segala bentuk perbedaan pendapat. Dan saya lebih suka mempertahankan itu, meskipun, orang bisa berdebat, dan saya tentu saja berpendapat pada diri saya sendiri, itu adalah semacam tidak bertanggung jawab. Mungkin saya seharusnya benar-benar tunduk pada gagasan disiplin gerakan politik, yang dimiliki banyak orang segenerasi . Saya tidak pernah melakukannya, saya tidak pernah memilikinya. Saya selalu berada di luar mencari dan kadang-kadang melemparkan sesuatu ke dalamnya untuk membuat kebisingan dan untuk mencoba dan mengaduk semuanya. Jadi, saya tidak bisa menulis volume seperti itu karena terlalu anekdotal, itu hanya serangkaian cerita.

Bagi saya, keterlibatan yang sesungguhnya ada dalam pekerjaan saya, dan juga, itu akan terlalu lama untuk diceritakan, tetapi berbagai jenis solidaritas yang kita bangun dengan orang-orang, di seluruh dunia. Perjalanan sangat penting bagiku, ketika saya pergi ke Afrika Selatan, ke India, ke berbagai bagian Eropa. Semua itu adalah bagian dari membangun solidaritas, di mana yang penting hanya untuk menjaga Palestina tetap fokus, seluruh tujuan Palestina, dan semua maknanya. Maksud saya bukan hanya nasionalisme Palestina, tetapi seluruh gagasan perampasan, dan pengasingan serta membayangkan tempat dan meninggalkannya dan kembali ke sana. Bagaimana kami akan kembali ke sana? Semua pertanyaan itu menurut saya sangat serius, tetapi perlahan-lahan larut dalam hal sentimental yang sangat besar ini, yang di satu sisi Zionisme selalu ada, tetapi juga semua jenis lain dari nasionalisme dan politik identitas. Dengan segala cara saya ingin menyelamatkan diri dari hal itu, untuk menyelamatkan hal-hal yang berarti bagiku. Saya tidak ingin terlibat dalam hal itu.

CE. Saya setuju. Kita membutuhkan semacam politik yang selalu dan kembali menciptakan dirinya, dan hari ini melawan globalisasi dan sup yang dihomogenisasi.

ES. Ya, tetapi kalian perlu melihat masalahnya juga. Sekarang, saya mendapati diri pada semacam jalan buntu yang aneh, karena saya merasa sangat sendirian, jika apa yang kita cari adalah sebuah gerakan. Masalahnya adalah tidak ada gerakan apa pun—ada arus, ada upaya seperti Seattle, yang kalian sebutkan sebelumnya, seperti Intifada beberapa tahun lalu, yang bukan gerakan politik, tetapi menawarkan awal dari sebuah gerakan. Dan saya pikir kita berada di daerah sangat bermasalah, di mana kita telah memunculkan apa yang disebut Bourdieu, misalnya, intelektual kolektif. Ada beberapa dari kita, kalian tahu—kalian bisa mengacu ke Chomsky, Bourdieu, kalian bisa menunjuk ke Howard Zinn dan orang-orang muda dan yang setara di Inggris, seperti Stuart Hall, orang-orang dari generasi tua yang menyediakan bahan untuk generasi muda untuk memulai karya semacam memunculkan-kembali pemikiran Kiri yang telah menghilang. Tapi saya ingin tahu apakah itu cukup. Belum ada kekuatan terorganisir yang dapat menghadapi beberapa tantangan politik globalisasi pasca-perang sekarang. Ini masalahnya.

NS. Biarkan saya memperdalam pertanyaan politisasi Anda dalam perjalanan menuju Komite Nasional Palestina. Anda tidak benar-benar menceritakan kisah itu di Out of Place dan saya bertanya-tanya apakah ada cara singkat untuk mengatakan bagaimana Anda diradikalisasi. Apakah baru tahun 1967?

ES. Ya ada. Tahun 1967 di New York, mungkin pengalaman yang paling menghancurkan dalam hidup saya, karena saya dikelilingi oleh orang-orang yang diidentifikasi sebagai pemenang Israel. Berjalan menyusuri Broadway, saya tidak akan pernah melupakan itu, di Jalan No ll2 atau ll3, ada pasar di sana, dan seseorang berteriak, “Bagaimana kabar kita?” Pada 6 Juni atau 7 Juni. Dengan kata lain, bagaimana kita melakukannya oleh tim kita. Ada bagian lain dari itu yang saya tidak bisa mengatakan apa-apa. Tidak ada tempat untuk mengatakannya dan tidak ada yang mengatakannya. Pada akhir tahun itu, saya diminta untuk menulis sesuatu oleh seorang teman yang belum pernah saya lihat sejak pertengahan 1950-an, kalian tahu, sepuluh atau lima belas tahun sebelumnya. Dan dia sedang menyusun sebuah buku, edisi khusus majalah yang kemudian menjadi buku, tentang Perang Arab-Israel 1967 dari perspektif Arab. Dia meminta saya menulis sesuatu, tentang sastra. Dan yang bisa saya lakukan, karena saya tidak cukup tahu tentang sastra (penggambaran Arab dalam sastra Amerika bukanlah sesuatu yang saya tertarik atau yang saya tahu banyak), adalah menulis tentang penggambaran orang Arab di media, dan itu benar-benar asal-muasal dari Orientalism. Esai itu, yang disebut “The Arab Portrayed”, yang menurutku ada di antologi yang baru saja disatukan,[10] adalah asal usulnya. Dan karena itu menjadi tugas politik dan intelektualku untuk mensituasikan-kembali orang Arab. Ini geografi yang akan kembali. Saya harus menulis ulang geografi yang, katakanlah lebih otentik, saya tidak keberatan menjadi dasar tentang itu, daripada menjadi tempat orang-orang Arab diganti penggambarannya. Penggambarannya selalu saja lelaki yang kasar, perempuan Arab selalu berperan sebagai penghibur, penari, wanita eksotis, “mari ikut ke Casbah[11] bersamaku” semacam itu. Serangan dasar diarahkan pada lelaki dan lelaki selalu menjadi semacam sosok yang rusak dan cabul yang senang dihancurkan. Itu masih berlangsung! Itu masih berlangsung, hari ini. Berapa banyak film yang kalian saksikan yang hanya menjadikan orang Arab tipe orang yang akan dibunuh. Maka dari itu, tumbuh keinginan untuk terlibat secara politis dengan semua cara yang saya miliki. Dan langkah kedua, adalah kembali ke Timur Tengah ke tempat yang belum pernah saya kunjungi, Yordania. Saya tinggal di Palestina, Lebanon, dan Mesir, tetapi Yordania sedikit ke timur dan banyak keluargaku ada di sana dan beberapa teman. Setelah tahun 1967, dari Amerika, orang-orang Palestina, khususnya, pergi ke Yordania dan mendaftar dalam gerakan dan saya pergi mengunjunginya, hanya untuk melihat apa yang terjadi. Dan begitulah awalnya. Saya melihat ada gerakan. Maksud saya itu secara fisik ada untuk dilihat. Dan saya ada di sana selama September Hitam[12] di tahun l970an. Saya pergi dua kali, 1969 dan 19870, dan saya merasa benar-benar terlibat. Jadi, selalu ada semacam ulang-alik, yang penting bagiku. Saya tidak pernah merasa perlu untuk tinggal di satu tempat, tetapi sebenarnya untuk benar-benar bergerak ulang-alik.

Salah satu foto September Hitam

Ibu saya tinggal di Beirut, melalui hidupnya dalam seluruh pengepungan sehingga itu adalah pengalaman yang sangat penting, juga geografis. Itu adalah musim panas dengan aktivitas luar biasa. Saya harus memberikan lima ceramah sehari, bepergian sepanjang waktu, dan di benak saya adalah kengerian yang tetap dari pengepungan. Orang Israel mematikan air dan saya ingat—saya tidak akan pernah melupakan ini selama saya hidup—selama musim panas itu AS memveto resolusi yang disahkan oleh Dewan Keamanan untuk membiarkan bantuan kemanusiaan, terutama obat-obatan, masuk ke Beirut. Dan mereka memveto karena dari “satu sisi”. Itu adalah frasa yang digunakan—mencengangkan. Bagaimanapun, sepanjang semua ini telah ada dalam semesta geografis yang benar-benar ada di pikiran saya, di mana saya telah bekerja masuk dan keluar terus-menerus. Ini sangat, sangat kuat. Sulit untuk menggambarkannya.

CE. Salah satu hal yang saya dapatkan dari membaca Out of Place adalah ruang masa kanak-kanak bagimu. Anda tidak benar-benar tinggal di sana dalam hal keberadaan sehari-hari, yaitu di Kairo, tetapi di tempat inilah Anda pergi, di mana keluarga dan sejarah Anda berada, dan bahwa …

ES.Dan semua keluarga saya ada di sana. Saya tidak punya keluarga di Kairo kecuali Bibi Melia. Dia adalah perempuan yang luar biasa. Lucu memang, Kairo adalah satu-satunya tempat saya tinggal dan sebagainya. Itu selalu merupakan tempat yang merupakan pengecualian.  Kairo itu semacam aturan, seolah-olah, adalah Yerusalem.

CE. Tapi itu juga mengingatkan saya pada apa yang saya rasakan tentang Mohegan, sebuah komunitas danau di Negara Bagian New York tempat keluarga saya pergi, di mana kakek nenek saya tinggal, di mana kami pergi selama musim panas. Itu adalah waktu senggan—dan itu baru saja mengejutkan saya, ini mungkin benar-benar tidak masuk akal—bahwa tahun 1948 juga ketika Anda menjadi remaja, sehingga saat ketika Anda dikeluarkan dari tempat yang benar-benar rumah terdalam adalah juga saat pubertas Anda sendiri. Apakah itu menanamkan atau menagih politik yang Anda miliki sejak itu?

ES. Itu harus ada, harus ada, tetapi secara kumulatif dan seiring waktu. Seperti yang saya jelaskan di Out of Place, itu adalah semacam kesadaran yang menyingsing. Begitu banyak kehidupan yang terjadi sesudahnya—termasuk kehidupan saya yang melibatkan pemisahan secara pribadi dari Timur Tengah pada tahun l95l ketika saya datang ke sini—adalah perasaan yang berhamburan luar biasa dari kita semua, dari kehidupan dan kebiasaan kita. Jadi itu adalah keterasingan geografis, tetapi juga, pada tingkat lain, keterasingan dari cara-cara yang akrab: cara orang, misalnya, digunakan untuk mengukur kemakmuran hidup mereka dalam jumlah barel minyak zaitun yang akan mereka konsumsi per tahun. Pengukuran semacam itu tidak lagi memiliki makna. Dan saya terkesan juga bahwa ketika dia bertambah tua, Ayah (aneh bagaimana ayah saya yang saya lihat jelas lebih sering di tempat-tempat seperti Kairo dan Lebanon daripada di Yerusalem) dia menjadi lebih seperti orang Yerusalem dalam aksen, kebiasaan, dan orientasinya. Itu sangat mengejutkan, bahkan Ibu sangat jengkel karenanya. Seolah-olah, katanya, “mengapa dia berbicara dengan dialek tua itu, dia meninggalkannya lima puluh tahun yang lalu dan sekarang dia kembali ke sana?”

Edward Said - The Palestinian Information Center | Facebook
Edward Said ikut melempar batu bersama warga Palestina

Jadi, dalam beberapa hal itu sebagian karena keterasingan dan perasaan benar-benar terganggu dan tambatan terputus, kami hanyut. Perasaan yang sangat, sangat menakutkan. Dan dalam kasus kami, itu bukan hanya satu perpindahan, tetapi dua, tiga, empat perpindahan semacam itu. Pertimbangkan paman saya, saudara laki-laki ibu saya, yang saya ingat mengunjungi ketika dia bekerja di Bank Arab di Nablus. Setahun kemudian saya melihatnya di Alexandria; tak lama setelah itu ia meninggalkan Alexandria dan datang ke Kairo untuk waktu yang singkat. Kmudian dia meninggalkan Kairo ke Baghdad dan setelah revolusi tahun l958 di Baghdad dia menetap di Beirut. Perang saudara dimulai pada tahun l975, dan pada akhir 70-an ia harus pergi karena tidak mungkin tinggal di Beirut Barat di mana sebagian besar pemboman terjadi. Dia sekarang berusia akhir delapan puluhan dan dia tinggal di Seattle, bahkan di pinggiran kota Seattle. Hal semacam itu berlipat kali memiliki efek yang sangat kuat pada kami. Dan, itu benar-benar menggoyahkan keyakinan kami pada sesuatu yang benar-benar menyerupai kesinambungan. Sampai baru-baru ini, salah satu mimpi buruk yang mendatangi saya, sebenarnya merupakan mimpi buruk yang berulang dari kehidupan saya sebelumnya. Saya bermimpi seluruh institusi akan hilang. Bahwa bank akan tutup, sekolah akan hilang, universitas juga. Selama bertahun-tahun saya tidak berpikir bahwa Columbia akan bertahan selama satu tahun lagi—mungkin itu tidak akan ada besok. Itu sangat aneh. Rasa diskontinuitas sangat kuat.

CE. Saya tidak bermaksud, dengan cara apa pun, untuk meremehkannya dengan membandingkannya dengan contoh saya.

ES.Tidak tidak Tidak.

CE. Tapi itu hanya mengejutkan saya bahwa pada saat itu politik dunia, politik Zionis, kunci pas …

ES. Tidak, tidak, itu bukan hanya Zionisme karena ada revolusi Mesir pada 1952, perang saudara Lebanon. Maksud saya Palestina jelas memainkan semacam peran dalam perang itu. Saya akan memberi kalian sebuah contoh, sangat luar biasa. Beberapa hari yang lalu ada berita kematian di New York Times, yang saya potong. Saya tidak tahu mengapa. Seorang lelaki yang pernah berada di kelas saya di Victoria College, namanya Gilbert de Botton (putranya adalah Allain de Botton, yang menulis buku tentang Consolations of Philosophy, ia menulis sebuah buku tentang Proust, juga menulis dua atau tiga novel, semuanya dalam usia dua puluhan—jelas semacam keajaiban).[13] Botton adalah tokoh penting di Victoria College. Dia mungkin anak terpintar di sekolah. Saya tahu dia adalah orang Yahudi, tetapi saya bertanya kepadanya, “Dari mana Anda mendapatkan nama itu, de Botton?” Dan dia berkata, “Kami dari Belgia.” Dia kemudian pergi, seperti halnya saya di awal 50-an. Saya pernah melihatnya ketika saya berada di Princeton. Saya tidak tahu ke mana dia pergi, tetapi saya kebetulan bertemu dengannya di Princeton ketika saya masih SMP. Dia datang ke perpustakaan dan berkata dia sedang bekerja di New York. Ketika saya menekannya sedikit, dia berkata dia bekerja untuk misi Israel ke PBB. Dia kemudian muncul di awal 80-an sebagai kepala Rothschild Bank di New York. Kemudian dia pergi ke London dan dia menjadi pemodal besar. Dia meninggal minggu lalu. Dia telah menjual bisnisnya sekitar sebulan sebelumnya dengan harga 650 juta dolar AS. Dia selalu menjadi lelaki dari masa laluku. Dalam ulasan buku saya, yang ditulis dalam New York Reriew of Books, Amos Elon, penulis Israel, mengungkapkan bahwa ibu de Botton adalah kepala Mossad di Kairo, dan ketika meninggal dia dimakamkan secara kenegaraan.[14] Jadi, semua sejarah yang saya miliki dengan de Botton sebagai orang Belgia adalah tersangka. Menurut berita kematian, mereka adalah orang-orang Yahudi Alexandria, Yahudi Timur. Luar biasa. Jadi, sumber geografis itu sendiri merupakan hal yang bermasalah: selalu ada persembunyian dan apa yang diungkapkan serta apa yang tidak berubah tergantung dari mana kita sebenarnya. Dan di mana kita benar-benar berasal terkait dengan masalah ideologis, itu bukan hanya masalah mengatakan saya dari Middletown, Connecticut. Tidak sesederhana itu.

CE. Ketika Anda menyebutkan The Shards of Lore, yang kedengarannya indah, dan berhubungan dengan filologi, saya segera mulai berpikir dalam hal sastra minor, yang jelas Anda ketahui. Di sini kami adalah ahli geografi yang menanyakan tentang teori sastra …

ES Tidak, tidak apa-apa—

CE… tapi saya bertanya-tanya apakah gagasan “sastra minor” itu masuk akal bagi Anda?[15] Apakah itu membantu Anda memahami pekerjaan sebagai penulis, sengaja tidak pada tempatnya, menggunakan bahasa yang dipelajari tetapi menggunakannya untuk mendorong batas-batas dari bahasa itu sendiri?

ES. Saya pikir konsep itu, yang dimobilisasi Deleuze dan Guattari dalam seluruh urusan sastra minor, ternyata merupakan deskripsi dari fenomena yang jauh lebih besar dan lebih berpengaruh daripada yang mereka duga. Tentu saja, mereka berbicara tentang orang-orang seperti Kafka, yang bukan orang Jerman, menggunakan bahasa Jerman. Namun, mari kita ambil beberapa sastra utama Eropa. Lihatlah sastra berbahasa Inggris dan komponen Irlandia dalam hal itu. Hanya ada sedikit yang tersisa yang bisa kalian katakan adalah bahasa Inggris asli, maksud saya Burke, Swift, Goldsmith, Mariah Edgeworth, dan Sheridan. Mereka semua orang Irlandia. Dan kemudian ketika kalian menjumpai seseorang seperti Joyce, Joyce lebih dari yang lain kecuali Swift, benar-benar mengubah bahasa, menciptakan bahasa baru di Finnegan’s Wake. Jadi, ini bukan hanya masalah sastra minor, tetapi juga bahwa sastra utama semacam tidak membangun rumah sendiri dalam proses pembuatannya. Saya pikir itu juga berlaku untuk sastra Italia, dan Menocal berbicara tentang ini. Dante, misalnya, juga seorang pengasingan, dan upayanya untuk menciptakan gaya dolce nuoro,[16] benar-benar berhasil di sastra pinggiran. Jadi, saya pikir kita harus mengubah lanskap dari diskusi yang dominan ke sastra pinggiran. Rangkaian pinggiran yang terpasang benar-benar apa yang kita miliki, pinggiran yang bekerja dalam elaborasi yang tidak pernah berhenti. Saya pikir apa yang kita miliki adalah perspektif baru, dan kita dapat melihat semua sastra bekerja dengan cara itu daripada merisaukan mayor versus minor, yang merupakan teorinya. Kalian mengerti, saya tidak berpikir bahwa dikotomi ini benar-benar dapat dijalankan. Maksud saya, kalian dapat membaca semuanya dalam hal penyimpangan bukan dari hidangan utama dan kemudian ada penyimpangan …

CE. Ya, sepertinya kelebihan yang Anda lihat di Kairo …

ES. Ya, tentu saja. Itulah itu. Dengan kata lain, itu bukan pusat yang benar-benar mendefinisikannya, tetapi itu benar-benar pinggiran, dan kemudian kalian menemukan bahwa semua yang ada hanyalah pinggiran. Semuanya adalah penjabaran dari sesuatu yang lain. Dan itu sangat dekat dengan minat saya pada musik, misalnya. Apa yang saya tertarik dengan musik benar-benar berlawanan. Maksud saya, hal yang berlawanan adalah bahwa pusat tidak didefinisikan, kalian dapat mengatakan, secara linear, tetapi secara horizontal sehingga batas luar hanya bersifat sementara. Apa yang bisa menjadi suara utama katakanlah dalam sopran atau bass, segera berpindah ke salah satu suara tengah, jadi itu tidak pernah menjadi kondisi stabil—di sini adalah topografi dan ini adalah pusat dan segala sesuatu lainnya adalah pinggiran. Saya pikir kita telah berubah sekarang, kurang lebih selamanya … Saya pikir.

CE. Nah itu mengantisipasi pertanyaan saya berikutnya, yaitu tentang bagaimana musik bekerja untuk Anda secara spasial …

ES. Sangat aneh. Ada komposer-komposer yang saya tidak bisa dengarkan karena alasan itu. Dan itulah salah satu alasan saya sangat terkesan, dan sudah lama sekali, tercetak dengan karya Glenn Gould yang seluruh pekerjaannya adalah semacam realisasi geografis dari musik sehingga kita benar-benar dapat melihatnya di berbagai level. Dan kinerjanya, katakanlah tentang fugue[17] Bach, memungkinkan kita untuk benar-benar melihat fugue sebagai perangkat retoris yang basisnya sebenarnya bersifat geografis. Mengapa? Karena gagasan penemuan kembali ke konsep penemuan Ciceronian[18] yang kembali ke seni memori, dan kita mengingat sesuatu dengan menempatkannya di tempat yang berbeda. Jadi, penemuan adalah seni berjalan-jalan di suatu tempat dan menemukan hal-hal yang kita butuhkan untuk komposisi saat ini dan kemudian menyatukan semuanya. Maka, pada akhirnya ini adalah fenomena spasial alih-alih fenomena temporal, yang merupakan cara musik biasanya ditafsirkan. Tentu saja keduanya, tetapi penekanan geografis pada skema kontrapuntal ini sangat menarik bagi saya. Itu nomor satu.

Edward Said, Writer, Anniversary | Baaz
Edward Said dan keluarga

Bagian kedua dari itu adalah resistensi musik terhadap permohonan argumen biasa. Dan karena itu kebutuhan untuk mencari argumen lain di tempat lain, bukan dengan mengatakan itu membuat poin ini dan beralih dari a ke b ke c ke d dan kemudian kalian pulang. Tidak, ada hal lain yang terjadi dan kita tahu kita benar-benar selalu mencarinya di berbagai aspek musik. Kadang-kadang itu adalah pertanyaan ritmis yang mungkin menyelesaikan masalah, di lain waktu itu adalah pertanyaan nada, pertanyaan tentang timbre (waranada),[19] berbagai jenis organisasi yang semuanya mengarahkan saya secara konstan ke dalam bahasa musik. Dan mencari jawaban yang saya tahu tidak akan pernah bisa datang, tetapi ada semacam ketegangan antara musik dan suara, kita mungkin mengatakan, itu permanen, yang sangat menarik bagi saya.

NS. Saya punya beberapa pertanyaan umum lainnya. Saya ingin mengajukan pertanyaan yang mungkin cukup jelas tentang Marx dan Marxisme. Dan alasan untuk menanyakan ini bukan hanya pertanyaan biasa yang menanyakan kepada Anda apa pengaruh Marx dan ambivalensi Anda dan semua yang lainnya. Tetapi, dalam geografi sejak tahun 1970-an, karya Marx benar-benar memiliki efek yang lebih penting daripada dalam ilmu sosial lainnya, saya pikir Anda bisa mendebat. Bagian dari itu adalah bahwa geografi sangat terbelakang sebagai suatu disiplin. Geografi sebagai suatu disiplin memiliki kecanggihan yang sangat sedikit dalam hal teori sosial sehingga ketika pekerjaan Marxis melanda pada awal tahun 70-an, ia hanya mengambil disiplin itu layaknya badai datang. Dan pada awal tahun 1980-an, karya Marxis mendominasi batas penelitian.

ES. Karena kamu, kamu dan Harvey.

NS. Begitulah, Harvey jelas merupakan salah satu pelopor, tetapi ada sejumlah orang, Jim Blaut, Dick Peet, Doreen Massey di Inggris dan lainnya, Suzanne Mackenzie di Kanada dan seterusnya. Tetapi juga sekelompok mahasiswa pascasarjana juga. Marxisme telah memiliki efek aneh dalam geografi, dan dua puluh tahun terakhir telah menjadi proses pendalaman karya Marxis itu, tetapi juga munculnya banyak bentuk kritis teori sosial, banyak pekerjaan interdisipliner di sekitar, dan dalam beberapa hal tanggapan terhadap karya Marxis. Jadi, Anda jelas bagi kami adalah figur yang di satu sisi memiliki kepekaan geografis yang mendalam dan di sisi lain sangat dipengaruhi oleh Marxisme tetapi juga kritis dan ambivalen tentang hal itu. Saya ingin tahu apakah Anda ingin berbicara tentang pentingnya Marx bagi Anda, tetapi menjaga kepekaan geografis di depan …

ES. Yah, saya belum pernah benar-benar mengakui ini, tetapi saya harus mengatakan bahwa pengaruh Marx pada saya terutama melalui karya kecilnya. Dengan kata lain, apa pun yang benar-benar paling kuat membuat saya terkesan adalah hal-hal seperti The Eighteenth Brumaire,[20] Perjuangan Kelas di Perancis, artinya bukan karya teoretis utama, baik Capital maupun Grundrisse.

NS. Kenapa begitu?

ES. Karena antipati saya terhadap apa yang tampak seperti sistem dan semacam pernyataan teoretis utama. Saya cukup sejenis rubah—sebagai lawan dari landak—untuk selalu merasa sangat tidak nyaman dengan itu dan mencari pengecualian untuk itu, dan untuk mencatat hal-hal dalam sistem yang tidak tersentuh olehnya. Maksud saya, imperialisme, praktik kolonial, teori rasial, keluarga, nasionalisme—semua hal yang sangat berarti bagi saya. Bahkan, estetika dalam Marx adalah  bentuk yang kurang dikembangkan dan kurang dibicarakan. Jadi, itu nomor satu. Ketidakpuasan dengan itu, dan kesenangan luar biasa dalam aspek Marx yang paling menyerupai seseorang seperti Swift. Swift, tentu saja, adalah sayap yang sangat kanan, Marx sayap yang sangat kiri; ahli pamflet, retorisi, sang ironis, penggelar retorika yang luar biasa untuk menggambarkan situasi dengan cara yang tak terlupakan. Dalam The Eighteenth Brumaire, pemberontakan orang-orang di sekitar Napoleon III adalah tontonan yang tak terlupakan, sangat jelas dalam Marx, bersama dengan ironi dan kemarahan. Semua aspek Marx minor inilah yang memengaruhi saya.

Dan kedua, aspek Marx yang paling memengaruhi saya adalah murid-muridnya. Saya ditransformasi oleh pembacaan saya terhadap History and Class Consciousness[21] sama seperti saya ditransformasi oleh pembacaan terhadap The Prison Notebooks[22] dan kemudian dari Adorno, terutama karya musiknya. Jadi, itu adalah aspek yang tak terduga dari Marx, alih-alih aspek sistematis yang merupakan bagian dari apa yang saya sebut pandangan sekuler saya— perlawanan terhadap teori-teori menyeluruh yang akan menyelesaikan semua masalah bagi kita dalam beberapa cara dan keengganan saya untuk menyerahkan diri pada paradigma. Saya tidak ingin diidentifikasi sebagai seorang Marxis—“Anda salah satu dari kita” hal seperti itu– saya lebih senang diidentifikasi sebagai orang Palestina. Kalian mengerti apa yang saya coba terangkan?

NS. Ada pola di sini, biarkan saya melihat apakah saya bisa menarik ini sedikit lebih jauh. Dalam hal politik Anda vis-a -vis-Palestina, Anda tentu sangat terlibat dalam argumen publik politik di sekitar Palestina, tetapi Anda tidak ingin pergi sejauh untuk bergabung dengan ‘partai’. Dalam hal penentuan nasib sendiri Palestina, pertanyaan geografis, Anda benar-benar mendukung penentuan nasib sendiri, tetapi Anda setidaknya memiliki ambivalensi tentang hal itu menjadi teritorialisasi dan diperbaiki di tempat.

ES. Yang saya tahu memang harus.

NS. Benar. Dan kemudian dengan pertanyaan Marxis, Anda sangat senang dipengaruhi oleh karya Marxis, tetapi Anda tidak akan melangkah sejauh

ES. Menjadi seorang Marxis …

NS.menerima kritik sistematis kapitalisme dengan cara teoretis yang agak besar.

ES. Ya.

NS. Ada adalah argumen yang akan mengatakan, bahwa ini adalah tempat intelektual yang luar biasa, tetapi pada titik tertentu ada esensialisme strategis yang harus diterapkan. Bahwa apa yang Anda peroleh dengan tetap berada di luar teritorialisasi negara, partai sebagai fiksasi politik, kritik Marx terhadap kapitalisme sebagai semacam fiksasi dari posisi kritis yang lebih besar, Anda menyerah terlalu banyak menolak langkah itu.

ES. Bagi saya, bagi saya, bagi saya! Ya, saya setuju dengan itu. Maksud saya, saya merasakannya. Tapi entah bagaimana saya tidak merasa bahwa itu … Maksud saya, saya pikir itu adalah kesimpulan yang mengagumkan yang baru saja Anda berikan, dan paralelisme itu memang benar, tetapi saya tidak yakin bahwa itu cukup mencatat ketidakpuasan saya terhadap esensialisme, dengan semacam strategis menyerah pada sistem dengan cara. Karena saya sangat merasakan hal-hal lain yang Anda sebutkan, di sisi lain. Dalam Marxisme dan teritorialisasi, misalnya, ada semacam ortodoksi, semacam otoritas, dan semacam finalitas yang saya tidak siap untuk kenali. Saya sama sekali tidak. Sejauh seseorang berbicara tentang pengakuan dan pengakuan yang bukan yang ingin saya sampaikan pada saat ini.

NS. Setelah berada di organisasi revolusioner Marxis, saya mengakui persis pertukaran antara ketajaman visi yang Anda dapatkan dari keterlibatan aktif berhadapan dengan pemotongan kemungkinan.

ES. Ya, tentu saja. Ada waktu dengan orang-orang dari generasi saya yang saya kagumi, seperti Jameson, misalnya. Saya belum terlalu melihatnya, tapi saya sudah mengenalnya selama sekitar tiga puluh tahun. Saya agak iri pada hal itu, Anda tahu, bahwa di sini ada seorang lelaki yang tahu di mana dia berdiri. Menurut pendapat saya, dia sangat tidak berpolitik, dia tidak terlibat secara politis, tetapi dia jenius mengembangkan spekulasi dan analisis sistematis pada tingkat yang sangat, sangat tinggi, dan saya merasa sangat menggembirakan dan informatif untuk membacanya. Tetapi saya ingat suatu kali, dia pergi ke Timur Tengah dan dia datang ke Beirut, saya mengatur perjalanan dan dia pergi dengan beberapa teman saya. Mereka pergi dan dia kembali dan dia mengajar di Yale pada saat itu—ini pasti dua puluh tahun yang lalu—dan dia berkata kepada saya pertanyaan itu sangat sederhana. Dan aku berkata, “Benar? Apa itu?” Dia mengatakan itu kapitalisme! Zionisme adalah kapitalisme. Dan dia memberi satu ceramah dan menulis satu artikel untuk Yale News dan dia tidak pernah membicarakannya lagi karena itu diselesaikan, itu sederhana. Semua energi dan orang-orang yang terlibat dalam perjuangan, saya tidak bermaksud ini sebagai kritik. Saya pikir itu hal yang temperamental. Saya secara temperamen tidak mampu dalam resolusi semacam itu. Saya selalu mencari apa yang tidak dapat didamaikan, untuk apa yang tidak terselesaikan, untuk apa yang ada dalam ketegangan permanen. Gagasan bahwa seseorang dapat menemukan sisanya dalam keseluruhan yang megah dari beberapa, saya pikir seperti Adorno bahwa keseluruhannya adalah salah.

NS. Tetapi apakah Anda harus melangkah sejauh itu? Maksud saya, bukankah mungkin untuk mengambil lebih banyak … Maksud saya, bagi saya, saya akan menemukan diri saya dalam kesepakatan yang jauh lebih besar dengan Anda tentang masalah nyata memperbaiki negara, masalah bahkan keanggotaan partai, yang telah saya alami secara pribadi, tetapi pada saat yang sama saya ingin mempertahankan rasa kuat terhadap kritik teoretis yang lebih besar tentang kapitalisme yang muncul dari Marx.

ES. Oh, tentu saja. Saya sangat senang dengan itu.

CE. Tapi saya pikir Anda bisa memilikinya dengan …

ES. Kalian dapat memilikinya tanpa memfetiskannya. Dan saya akan memberitahu kalian kebenaran yang jujur ​​jika saya bisa, saya akan merasa tidak mungkin untuk membedakan unsur-unsur utama Marxisme dalam situasi saat ini jika seseorang melakukan analisis ekonomi globalisasi. Saya pikir gagasan Marxis telah begitu ditransformasikan menjadi sesuatu yang lain sehingga menyebutnya Marxisme akan menjadi semacam fetisisme. Anda bisa mengatakan itu semua berasal dari Marx, ya, tetapi semuanya benar-benar berasal dari Plato dan Aristoteles dengan cara yang sama. Apakah Anda memahami maksud saya? Kami menerima begitu banyak—saya lakukan—dalam diskusi saat ini tentang perusahaan, tentang modal keuangan yang jelas-jelas Marx. Ini seperti gravitasi, kita tidak harus menemukannya kembali, kita tidak harus menunjuk ke Newton dan melewati semua itu. Wacana sudah cukup maju sehingga saya menyerapnya. Dan, mungkin yang lebih penting, saya merasakan hubungan buruk yang sangat kuat dengan modal. Bagi saya, hal itu menjadi lebih jelas dalam ketidakmanusiawiannya dan kehancuran yang telah ditimpakannya kepada negara-negara miskin, melalui tatanan ekonomi dunia baru yang mengerikan. Tapi di sana saya tidak berpikir Marx adalah bantuan yang luar biasa, maksud saya seseorang seperti Amartya Sen jauh lebih menarik bagi saya.

CE. Ketika saya mendengarkan Anda, saya memikirkan sebuah baris di Out of Place yang saya benar-benar terkait, yang Anda dapatkan dari ibumu semacam penderitaan tentang jalan yang tidak diambil.

ES. Oh, tentu saja ya.

CE. Dan saya mengalami itu, bahwa walaupun saya dapat mengatakan bahwa saya adalah seorang Marxis dan seorang feminis, tetapi saya berpikir bahwa ketika Anda mengatakan itu adalah watak dengan cara tertentu, itu tidak hanya melihat ke belakang, tetapi itu merupakan ekses atau kekacauan.

ES. Ya, tepatnya. Saya menemukan diri saya di sana terlalu lama.

CE. Saya hanya senang melihatnya dikatakan dengan cara yang fasih.

Diterjemahkan dari:

Katz, Cindi & Neil Smith. “An interview with Edward Said”. Enrivonment and Planning D: Society and Space,  2003, volume 2l: 635 – 65l.

Diterjemahkan oleh: Ikwan Setiawan

Pustaka acuan

De Botton A, l995. Kiss and Tell (Macmillan, London)

De Botton A, l997. How Proust Can Change Your Life (Pantheon Books, New York)

De Botton A, 2000 The Consolations of Philosophy (Pantheon Books, New York)

Deleuze G, Guattari F, l986. Kafka: Toward a Minor Literature (University of Minnesota Press, Minneapolis, MN)

Elon A, l999. ‘‘Exile’s Return’’. New York Reiewof Books, l8 November

Gramsci A, l97l. Selections from the Prison Notebooks of Antonio Gvamsci, edited and translated by Q Hoare, G Nowell-Smith (International Publishers, New York)

Katz C, l996. ‘‘Towards minor theory’’. Enrivonment and Planning D: Society and Space, 14: 487 – 499.

Lukacs G, l97l. History and Class Consciousness: Studies in Mavxist Dialectics, translated by R Livingstone (MIT Press, Cambridge, MA)

Menocal M R, l994. The Shards of Lore: Eiles and the Origins of the Lyric (Duke University Press, Durham, NC)

Said E W, l966. Joseph Conrad and the Fiction of Autobiogvaphy (Harvard University Press, Cambridge, MA)

Said E W, l978. Orientalism (Penguin Books, New York)

Said E W, l993. Culture and Imperialism (Alfred A knopf, New York)

Said E W, l999. Out of Place: A Memoir (Alfred A knopf, New York)

Said E W, 2000. The Edwavd Said Reader (Vintage Books, New York)

Catatan akhir

[1] Yahudi Mizrahi, bentuk jamak dalam bahasa Ibrani Bene Ha-Mizra (“Anak-anak Timur”), juga disebut Yahudi Oriental, sekitar 1,5 juta orang Yahudi diaspora yang hidup selama beberapa-abad di Afrika Utara dan Timur Tengah dan yang leluhurnya tidak tinggal di Jerman atau Spanyol. Dengan demikian mereka dibedakan dari dua kelompok besar Yahudi diaspora lainnya—Ashkenazim (ritus Jerman) dan Sephardim (ritus Spanyol). Di tanah Arab Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, Mesir, Yaman, Yordania, Libanon, Irak, dan Suriah, orang Yahudi Mizrahi berbicara bahasa Arab sebagai bahasa ibu mereka. Di Iran, Afghanistan, dan Bukhara (Uzbekistan) mereka berbicara bahasa Farsi (Persia), sedangkan di Kurdistan (wilayah termasuk bagian dari Turki modern, Irak, Iran, Suriah, dan Armenia) bahasa mereka adalah varian dari bahasa Aram kuno. Beberapa orang Yahudi Mizrahi bermigrasi ke India, bagian lain di Asia Tengah, dan Cina. Di beberapa komunitas Yahudi Mizrahi (terutama Yaman dan Iran), poligini telah dipraktikkan. Menyusul berdirinya Negara Israel pada tahun 1948, praktis semua orang Yahudi Yaman, Irak, dan Libya dan bagian-bagian utama komunitas Yahudi Mizrahi lainnya bermigrasi ke Israel. Diterjemahkan dan diolah dari https://www.britannica.com/topic/Oriental-Jews (tambahan, pen)

[2] Thomas Loren Friedman (lahir 20 Juli 1953) adalah seorang komentator dan penulis politik Amerika yang terkenal karena advokasinya terhadap globalisasi. Dia adalah pemenang Hadiah Pulitzer tiga kali, kolumnis mingguan untuk The New York Times. Dia banyak menulis tentang urusan luar negeri, perdagangan global, Timur Tengah, globalisasi, dan masalah lingkungan. Dia telah dikritik karena pembelaannya yang gigih terhadap Perang Irak dan perdagangan yang tidak diatur dan dukungan awalnya terhadap Pangeran Kerajaan Saudi Mohammed bin Salman. Friedman pertama kali mendiskusikan pandangannya tentang globalisasi dalam buku The Lexus and the Olive Tree (1999). Pada tahun 2004, setelah kunjungan ke Bangalore, India, dan Dalian, Cina, membuat Friedman menulis analisis lanjutan, The World Is Flat (2005). Friedman percaya bahwa masing-masing negara harus mengorbankan beberapa derajat kedaulatan ekonomi untuk lembaga-lembaga global (seperti pasar modal dan perusahaan multinasional), sebuah situasi yang disebutnya sebagai “jaket emas”. Setelah serangan bom 11 September 2001, Friedman lebih fokus pada ancaman terorisme dan Timur Tengah. Kolom-kolom ini dikumpulkan dan diterbitkan dalam buku Longitudes and Attitudes. Diterjemahkan dan diolah dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Thomas_Friedman (tambahan, pen)

[3] Kesepakatan Oslo adalah sepasang perjanjian antara Pemerintah Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO): Kesepakatan Oslo I, ditandatangani di Washington, DC, pada tahun 1993 dan Kesepakatan Oslo II, ditandatangani di Taba, Mesir , pada 1995. Kesepakatan Oslo menandai dimulainya proses Oslo, proses perdamaian yang bertujuan untuk mencapai perjanjian damai berdasarkan Resolusi 242 dan 338 Dewan Keamanan PBB, dan untuk memenuhi “hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri.” Proses Oslo dimulai setelah negosiasi rahasia di Oslo, yang menghasilkan pengakuan oleh PLO Negara Israel dan pengakuan oleh Israel atas PLO sebagai wakil rakyat Palestina dan sebagai mitra dalam negosiasi. Kesepakatan Oslo membentuk Otoritas Palestina yang ditugaskan untuk mengatur diri sendiri secara terbatas di beberapa bagian Tepi Barat dan Jalur Gaza dan mengakui PLO sebagai mitra Israel dalam negosiasi status permanen tentang permasalahan yang tersisa. Permasalahan paling penting terkait dengan perbatasan Israel dan Palestina, permukiman Israel, status Yerusalem, kehadiran militer Israel dan kontrol atas wilayah yang tersisa setelah pengakuan Israel atas otonomi Palestina, dan hak pengembalian Palestina. Kesepakatan Oslo, bagaimanapun, tidak menciptakan negara Palestina. Diterjemahkan dan diolah dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Oslo_Accords (tambahan, pen)

[4] Said, 1966.

[5] Said, 1978.

[6] Said, 1993.

[7] Menocal, l994.

[8] Solomon’s Stables adalah julukan Masjid El-Marwani yang menempati sudut tenggara daerah kantong Al-Aqsa di Quds. Ia juga dikenal sebagai basemen tenggara Masjid al-Aqsa. Sebearnya, julukan Solomon’s Stables ada dalam sejarah Quds sejak zaman Perang Salib ketika Ksatria Templar menggunakan bagian daerah kantong ini sebagai kandang kuda mereka. Begitu banyak dermaga di ruang bawah tanah yang ditusuk di sudut-sudut untuk membentuk tambatan untuk kuda-kuda. Masjid El-Marwani adalah ruang berkubah bawah tanah yang sekarang digunakan sebagai ruang sholat Muslim, sekitar 600 meter persegi (500 meter persegi) di area, di bawah tangga yang mengarah turun dari Masjid al-Aqsa. Diterjemahkan dan diolah dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Solomon%27s_Stables (tambahan pen)

[9] Said, l999.

[10] Said, 2000.

[11] Casbah, semacam kastil di Afrika utara. (tambahan, pen)

[12] September Hitam adalah konflik yang terjadi antara Angkatan Bersenjata Yordania (JAF), di bawah kepemimpinan Raja Hussein, dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), di bawah kepemimpinan Yasser Arafat, antara 16 dan 27 September 1970, dengan aspek-aspek tertentu dari konflik berlanjut hingga 17 Juli 1971. Awal konflik ini adalah karena ketidaksenangan Yordania atas ulah pejuang PLO di wilayah mereka. Setelah Jordan kehilangan kendali atas Tepi Barat ke Israel pada tahun 1967, para pejuang Palestina yang dikenal sebagai fedayeen memindahkan pangkalan mereka ke Yordania dan meningkatkan serangan terhadap Israel. Pembalasan Israel terhadap kamp PLO yang berbasis di Karameh, sebuah kota Yordania di sepanjang perbatasan dengan Tepi Barat, berkembang menjadi pertempuran skala penuh. Selama Pertempuran Karameh 1968, orang-orang Palestina dan Yordania berperang melawan Israel, yang mengarah ke kemenangan di  sebagian Arab. Dengan dukungan Raja Hussein, kekuatan PLO di Yordania tumbuh, tetapi pada awal 1970, kelompok-kelompok dalam PLO mulai secara terbuka menyerukan penggulingan monarki Hashemite di Yordania. Bertindak sebagai sebuah negara di dalam sebuah negara, fedayeen Palestina mengabaikan hukum dan peraturan lokal, dan bahkan berusaha untuk membunuh Raja Hussein dua kali. Hussein ingin mengusir fedayeen dari negara tersebut, tetapi ragu-ragu untuk menyerang karena dia tidak ingin musuh-musuhnya menggunakan itu untuk melawannya dengan menyamakan pejuang Palestina dengan warga sipil. Tindakan PLO di Yordania memuncak dalam insiden pembajakan Lapangan Dawson pada 6 September, di mana PFLP membajak tiga pesawat sipil dan memaksa pendaratan mereka di Zarqa, mengambil warga negara asing sebagai sandera, dan kemudian meledakkan pesawat di depan pers internasional. Hussein melihat ini sebagai kesempatan terakhir, dan memerintahkan tentara untuk maju melawan gerilyawan Palestina.  Pada 17 September, Angkatan Darat Kerajaan Jordania mengepung kota-kota dengan kehadiran PLO yang signifikan termasuk Amman dan Irbid, dan mulai menembaki kamp-kamp pengungsi Palestina di mana fedayeen didirikan. Keesokan harinya, pasukan dari Tentara Suriah, dengan panji-panji PLO, turun tangan mendukung para fedayeen. Irbid yang sebagian besar di bawah pendudukan fedayeen dinyatakan sebagai kota “dibebaskan” oleh Palestina. Pada 22 September, orang-orang Suriah menarik diri dari Irbid setelah orang-orang Yordania melancarkan serangan udara yang menimbulkan kerugian besar pada orang-orang Suriah. Tekanan yang meningkat dari negara-negara Arab (seperti Irak) membuat Hussein menghentikan pertempuran. Pada 13 Oktober ia menandatangani perjanjian dengan Arafat untuk mengatur kehadiran fedayeen di Yordania. Namun, militer Yordania menyerang lagi pada Januari 1971 dan fedayeen diusir dari kota-kota, satu per satu, sampai 2.000 fedayeen menyerah setelah dikepung di hutan dekat Ajloun pada 17 Juli, menandai berakhirnya konflik.  Yordania mengizinkan orang-orang Palestina pergi ke Lebanon melalui Suriah, dan fedayeen kemudian berpartisipasi dalam Perang Saudara Lebanon 1975. Organisasi Black September didirikan setelah konflik untuk melakukan pembalasan terhadap otoritas Yordania dan serangan pertama adalah pembunuhan Perdana Menteri Wasfi Tal pada tahun 1971 yang memerintahkan operasi mengusir fedayeen. Organisasi itu kemudian bergeser untuk menyerang sasaran Israel, termasuk pembantaian atlet-atlet Israel di Olimpiade Musim Panas 1972 di Jerman Barat. Diterjemahkan dan diolah dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Black_September (tambahan pen)

[13] De Botton, l995; l997; 2000

[14] Elon (l999).

[15] Deleuze and Guattari (l986). See also katz (l996).

[16] Gaya dolce nuovo (gaya baru yang manis) mengacu pada gaya puisi cinta yang Dante, antara lain, mulai pada akhir abad ke-4. Dalam upaya menjadikan objek cinta lebih ilahi, gaya baru ini menantang puisi yang lebih umum dan lebih erotis yang terkait dengan Sisilia dan Provencal Schools, yang memperlakukan cinta sebagai duniawi dan duniawi.

[17] Fugue adalah komposisi contrapuntal di mana melodi atau frase pendek (subjek) diperkenalkan oleh satu bagian dan berturut-turut diambil oleh bagian dan dikembangkan dengan menjalin bagian-bagian. (tembahan, pen)

[18] Ciceroan, dalam gaya Cicero: ditandai dengan bahasa merdu, kejelasan, dan kekuatan presentasi. Istilah ini diambil dari nama Marcus Tullius Cicero. Dia adalah seorang negarawan Romawi, pengacara dan filsuf Akademik Skeptis yang memainkan peran penting dalam politik Republik akhir dan mencoba menegakkan prinsip-prinsip republik selama krisis politik yang mengarah pada pembentukan Kekaisaran Romawi. Tulisan-tulisannya yang luas termasuk risalah tentang retorika, filsafat dan politik, dan ia dianggap sebagai salah satu orator terbesar Roma dan penata prosa. Pengaruhnya pada bahasa Latin sangat besar: dikatakan bahwa prosa masa-masa sesudahnya adalah reaksi terhadap atau kembali ke gayanya, tidak hanya dalam bahasa Latin tetapi dalam bahasa-bahasa Eropa hingga abad ke-19. Cicero memperkenalkan ke dalam bahasa Latin argumen kepala sekolah filsafat Helenistik dan menciptakan kosakata filosofis Latin dengan neologisme seperti bukti, humanitas, qualitas, quantitas, dan esensi. Diterjemahkan dan diolah dari https://www.dictionary.com/browse/ciceronian dan https://en.wikipedia.org/wiki/Cicero (tambahan, pen)

[19] Timbre, karakter atau kualitas suara atau suara musik yang berbeda dari nada dan intensitasnya. (tambahan, pen)

[20] The Eighteenth Brumaire of Louis Napoleon (Jerman: Der 18te Brumaire des Louis Napoleon) adalah esai yang ditulis diterbitkan pada 1852 di Die Revolution, sebuah majalah bulanan Jerman yang diterbitkan di New York City. Edisi bahasa Inggris kemudian, seperti edisi Hamburg 1869, berjudul The Eighteenth Brumaire of Louis Bonaparte. Esai ini membahas kudeta Perancis tahun 1851 di mana Louis-Napoléon Bonaparte mengambil alih kekuasaan diktator. Ini menunjukkan Marx dalam wujudnya sebagai sejarawan sosial dan politik yang memperlakukan peristiwa sejarah aktual dari sudut pandang konsepsi materialisnya tentang sejarah. Judulnya mengacu pada Kudeta 18 Brumaire di mana Napoleon Bonaparte mengambil alih kekuasaan di Perancis revolusioner (9 November 1799, atau 18 Brumaire Tahun VIII dalam Kalender Republik Prancis), untuk membandingkannya dengan kudeta tahun 1851. Diterjemahkan dan diolah dari: https://en.wikipedia.org/wiki/The_Eighteenth_Brumaire_of_Louis_Napoleon (tambahan, pen)

[21] Lukacs, 1971

[22] Gramsci, 1971.

Share This:

About Ikwan Setiawan 200 Articles
Ketua Umum Matatimoer Institute. Pengajar di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember. Anggota Dewan Pakar Dewan Kesenian Jember. Aktif dalam penelitian sastra, budaya lokal dan media dengan fokus kepada persoalan poskolonialitas, hegemoni, politik identitas, dan isu-isu kritis lainnya. Email: senandungtimur@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*