Tentang MATATIMOER

MATATIMOER adalah sebuah lembaga yang memfokuskan pada kajian budaya dan pemberdayaan komunitas. Budaya kami pahami sebagai teks, praktik, dan nilai/orientasi yg berkembang dalam masyarakat secara dinamis, juga penuh kepentingan, tegangan, negosiasi. Kami tidak memandang budaya semata mata dalam perspektif esensial. Komunitas adalah sekumpulan orang yg memiliki orientasi dan diwujudkan dlm kegiatan tertentu, khususnya kegiatan kultural dan sosial.

Kami memiliki beberapa fokus kegiatan. Pertama, penelitian budaya, baik dalam lingkup lokal Tapal Kuda maupun nasional, baik dalam kehidupan nyata ataupun representasi media. Kedua, penerbitan hasil kajian maupun karya sastra, produksi pertunjukan, maupun produksi film. Ketiga, pendampingan dan pemberdayaan komunitas-komunitas sosial dan kultural.

Lembaga ini bersifat terbuka. Dalam artian setiap orang boleh terlibat dalam kegiatan yang dilakukan. Meskipun demikian, lembaga ini digawangi oleh individu-individu yang berkomitmen terhadap pengkajian dan pemberdayaan. Mereka yg terlibat di dalam pengelolaan lembaga ini akan digodok terlebih dahulu. Kami akan segera mempublikasikan nama individu-individu yang akan menjadi pengurus dari MATATIMOER.

Salam,

Ikwan Setiawan

Share This:

About Ikwan Setiawan 160 Articles
Ketua Umum Matatimoer Institute. Pengajar di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember. Anggota Dewan Pakar Dewan Kesenian Jember. Aktif dalam penelitian sastra, budaya lokal dan media dengan fokus kepada persoalan poskolonialitas, hegemoni, politik identitas, dan isu-isu kritis lainnya. Email: senandungtimur@gmail.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*